Rabu, 07 September 2016

Sejarah Perjalanan Blogging Yang Menyakitkan!

sejarah perjalanan seorang blogger
Illustration for Blogger
Hmm.. Sebenernya Gak kepikiran sih bikin history ini.. tapi karena ini sebuah kenangan yang berharga banget buat ane, jadi ya baru terpikir untuk nulis..
Moga aja Artikel ini bisa jadi Inspirasi Terutama Buat Temen-Temen Seperjuangan dan Yang Udah Vakum Ngeblog gegara putus asa..

Langsung saja, Berawal dari ane Kelas 2 SMA Tepatnya kira-kira Sekitar tahun 2008-an kalo gak salah inget, dulu ane yang masih belum tau apa-apa mengenai blog memulai untuk terjun ke dunia Internet Marketing ini.
Sekitar tahun 2008-an itu dulu lagi trending yang namanya Mobile Blog (Wapsite), Ane Mengenal yang namanya Wapsite Gegara Suka Nyari-Nyari Game dan Aplikasi HP, dulu System Operasi Hp itu Paling Terkenal Canggih adalah "Symbian OS". Jadi Ane Berinisiatif untuk mencari Aplikasi dan Game Bertipe Symbian tersebut Melalui Internet Mobile yang Saat itu Jaringan EDGE (2G) Sudah di Banggakan.

Dari Situ, Ane Jadi Tertarik untuk Membuat Wapsite Sendiri agar ane dapat bersosialisasi dengan Teman-Teman Wapsite Lainnya.

Dulu platform blogging untuk mobile yang paling nge-trend itu adalah XTGEM, dimana XTGEM Sudah menyediakan Space Hosting Yang Kecil dan Cocok Untuk Pengguna Handphone Sejenis JAVA dan SYMBIAN. Kebanyakan Pengguna XTGEM dulunya Memakai XTGEM Untuk Berbagi File Aplikasi dan Game Hp Khususnya Java & Symbian yang Berformat JAR, SYS dan SYSX.
Saling Berkomentar dan Bertukar Backlink sudah menjadi Trend Bersosialisasi antar Wapper (Sebutan untuk Blogger Mobile) tersebut. 

Ada Juga Platform yang Lebih Mendominasikan Artikel yaitu MyWapBlog, Platform Buatan Orang India ini Sangat Terkenal di kala itu, karena Selain Simple, Mudah, Support Custom Domain, Dan Desktop Beserta Template Bawaannya.

Untuk Advertising nya Sendiri, Kebanyakan Mereka Menggunakan PopAds, dan Sejenisnya yang mendukung Pembayaran Via Paypal..

Bagi Mobile Blogger.. Dulu, Memiliki Domain TLD .com dan .net buat di  Pasang di Blog Mobilenya adalah Impian Yang sulit di capai. dan Jika ada Blog Mobile yang Berdomain TLD Sering kali Banyak Visitor yang datang dan Berkomentar, Entah Karena Pengaruh Blog Nya sudah Terlalu lama, atau Admin Blognya Sering Berkomentar di Blog Teman-Teman lain dan Meninggalkan Link, atau Karena Ketertarikan Pengunjung Sendiri untuk Membuka Blog Tersebut karena memiliki Domain Ber TLD (Top Level Domain).

Yah, itu dulu, dulu sekali.
Google Adsense Masih Bersistem Jadul tanpa adanya Update dan Algoritma serta Tetek Bengeknya Seperti Sekarang.
Bagi Ane, Ilmu SEO dalam Blogging telah ane Pelajari dan Sampai sekarang juga Belum terlalu paham betul akan sistem kerjanya.

Ane Sendiri Mulai Mempelajari Blogger dan Segala Macam Fungsinya sendiri karena Tertarik dengan penghasilan Teman-Teman yang Memang Nyata.

Sakitnya, Dulu Ane hanya di Bully dan Di anggap Membuang Waktu Mereka ketika setiap kali bertanya mengenai hal blogging.
Dulu juga, Aktivitas Blogging ane hanya ane lakukan sendiri tanpa bantuan orang lain dan tanpa menghasilkan apa-apa. Ane Mulai Mempelajari HTML, Javascript dan CSS untuk Berkembang, System Bootstrap dan HTML5 dulunya Belum Pernah ada (Mungkin).

Dulunya juga Google Menganggap Blog Yang High PR adalah blog yang berkualitas tinggi. Sedangkan Sekarang System Pagerank Sendiri telah seperti di lupakan Oleh Google dan Beralih ke System DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority).

Dulunya Google Juga mengganggap Blog yang mempunyai Backlink adalah Blog yang berpotensi tanpa adanya Pandangan Spam, Bot, Atau Analitycs Backlink yang berkualitas Rendah..

Ya. itu dulu.. dan hanya dulu..
dan dulu juga tak ada System Hosted & Nonhosted Untuk Akun Google Adsense, dan cara daftar yang cenderung Terlalu mudah.

Awal ane merasakan Hasil dari PO Pertama adalah Tahun 2012. Setelah isu Kiamat 2012, Akun Google AdSense ane yang Bercurrency USD Tiba-Tiba Melonjak Naik ke Atas $128 dan Pembayaran Via WU.
Dulu ane Belum tau WU dan Bertanya Kepada Family yang tinggal di Malaysia yang biasa Mengirim Uang Via Western Union. lalu sedikit demi sedikit ane mulai Mengerti dan Kembali Semangat Mengarungi samudra lautan Blogging.

Akhir 2012, Ane Mendapatkan sebuah Email dari Pihak Google yang Mengabarkan Bahwa Akun AdSense ane "Temporary Closed" karena Aktivitas yang Mencurigakan, Setelah Ane Selidiki dan Sempat Panik. ternyata Akun Ane di Bom Klik, dan Berujung dengan Banned.
Padahal balance yang tertera sudah mencapai up to $60.

Ane Dulunya sama sekali belum tahu bagaimana mengajukan Banding untuk akun yang di banned. Akhirnya Vakum Seketika Ngeblog dan Berlanjut di Pertengahan Tahun 2013.

2013 - Pengkhianatan Yang Menyakitkan
Ane Berinisiatif untuk membuat akun Adsense baru dan Blog Baru Bahasa Indonesia Berniche Komputer dan Membeli Domain TLD.

Ane dapat temen Sesama Pengguna Blogger di Salah satu Grup Blogging di Facebook dan Ane Bertanya Mengenai SEO untuk Blog ane dan Si Kawan berhati malaikat tersebut Bersedia membantu ane dalam hal Seo serta meminta Akses ke Gmail dan Akun Manajemen Domain ane.
karena Udah 3 bulan Saling Belajar di Forum Webmaster. Akhirnya Ane Percayakan Akun Blogging dan AdSense ane ke Si Kawan, Alhasil Terakhir ane Bisa Login di Akun ane sudah ber-balance $75 Dollar, dan Terbukti memang traffic Blog ane Naik 40 % dari yang sudah ada. tapi menjelang Hari H Pay Out kedua, ane Kehilangan akun Adsense ane, Yang Akhirnya ane Selidiki Ternyata akun ane Udah diganti Akses admin nya (Take Over Admin Access). Lalu Si Kawan Tersebut Menghilang entah kemana sampai Sekarang.
Dan dari Kejadian itu ane gak Pernah Percaya lagi Kepada Orang yang belum pernah ane jumpai sama sekali.

2014 - Rejeki Gak Bakalan Kemana
Di Tahun ini, Ane Semakin Sakit Saat akun Adsense ke 3 dan Ke 4 ane Terkena Banned Atas Kesalahan Bom Klik dan Blog ane Di kerjai dengan Di tanami Backlink Spam dan Porno dan Awal Pertama kali Ane Kenal yang namanya De-Index.

Ane Nyerah, Dan Beralih ke Reseller Domain dan membuka Jasa Membuat Blog serta Menjualnya.
Dan Alhasil, di Tahun ini Ane Mengalami PO ke dua, ketiga dan ke-empat.

2015 - Skill to Money!
Di Tahun ini, Ane mulai mempelajari blog Wordpress, Hosting, VPS dan WebServer fokus dan Otodidak, Serta mulai Sedikit-sedikit mempelajari Berbagai Algoritma dan Google Adsense Update, Google Webmaster Optimized, Google Analitycs, Feedburner dan Page Insight, High Paying Keyword dan tahun ini juga Awal mula Blog Ane Terkena System Google yang Bernama "Smart Pricing" dan Invalid Click.
Dan itu rasanya sakit.

Di Tahun ini Ane Juga Memulai Menjual Berbagai Akun Premium Untuk Kebutuhan Blogging. dan Melakukan Berbagai Riset agar Blog ane Lebih Berkembang daripada Sebelumnya.
Ane Terpacu Untuk menekuni Internet Marketing Bukan Hanya Dari Segi Blog, Tapi Juga melalui Freelancer Seperti Jasa membuat Website seperti Blog Pribadi, Perusahaan Media Online, dan Aplikasi Android Berbasis Web, Perbaiki Bug Suatu Situs dan Menjual beberapa Template Premium, Domain Serta Plugins-Plugins Wordpress Premium yang ane Beli Langsung Dari Envato (Sebuah Situs yang Menyediakan Template, Aplikasi Web PHP, Desaign dan Sejenisnya Secara Premium dan Berbayar).

2016 - Tuhan Maha Adil
Kalian Semua Tau, Google Sekarang Tak lagi Seperti Dulu.
Kenapa ?, Segala Update dan Sistem Optimasi Mereka Semakin berkembang dengan banyak nya Client Advertiser mereka.

Di Tahun ini, Banyak Hal Yang Terjadi dan Populasi Blogger Mulai Membludak Kencang.
Mulai dari Blogger yang berkomiten, sampai Blogger abal-abal.

Jika di Tahun 2013 sampai Pertengahan 2015 adalah Era Ha*cking dan Pentesting, Tahun 2016 ini Bisa Ane Sebut Sebagai Era Blogging, Kenapa ?.
Ya Banyaknya Blogger-Blogger Muda yang Memulai Aktivitas Blogging mereka dengan berakhir Putus Asa karena Kejadian Seperti terkena Banned, Traffic Rendah, Belum pahamnya Optimasi Navigasi, Dropdown, XML Parse, Google Algorithm, Underscore Bad Linking, dan Cenderung Terburu-buru Untuk Meminang Google Adsense Hanya karena Uang. Giliran  terkena banned Malah Berhenti di tengah jalan berakhir Putus Asa. Lalu Beralih ke Metode AdSense Blackhat Melalui Akun Bug, Reverse Klik, dan Penipuan.

Bukan Sedikit Blogger Muda yang berdiskusi bahkan Rela Menemui Ane langsung untuk Belajar Ngeblog dan membeli Domain hanya Untuk Blogging, dan berakhir Vakum.
betapa ruginya pengeluaran dan waktu mereka ?.

Miris sih, karena melonjaknya Harga Kurs Rupiah tahun ini menjadi Alasan Utama Mereka untuk Mendapatkan hasil Secara Instant.
Namun Tuhan Maha Adil kawan, dan Google Sekarang Tak Sebodoh yang Kita Fikirkan. :)
Baik Buruknya sesuatu yang kita lakukan pasti ada resiko nya mau sekecil apapun itu. dan kita gak bisa Menepis alur dan Kodrat seperti itu.

Di Tahun Seperti ini Kendala di Ane Sendiri adalah Mengecilnya CPC (Cost Per Klik) atau Biaya Klik Yang Kecil pada negara Tertentu.
masih ane analisa bareng temen-temen komunitas dan mencari jalan keluar.

Dan Insya Allah Dalam Tahun ini Ane Udah Sering PO walau pun Tidak banyak, Setidaknya Mampu Memenuhi tanggungan Keluarga.

Semoga Cerita Nyata ane ini Dapat Menjadi Pelajaran dan Inspirasi Buat Pembaca agar Komitmen pada Suatu hal yg di lakukan, jangan pernah putus asa.

"Banyak jalan Menuju Roma", Pepatah tua yang Seakan Terlupakan ini Masih Berlaku kok.
Dan Ingatlah Bahwa:
"Tuhan tidak akan Merubah Nasib suatu kaum, Kecuali dia Sendiri yang Berusaha Mengubahnya" :).
Sekian, dan Terima Kasih..

Salam Hangat Blogger - Teuku Raja

Related Posts

Sejarah Perjalanan Blogging Yang Menyakitkan!
4/ 5
Oleh

Berkomentarlah Dengan Bijak dan Cegah Otak Anda Untuk Berpikir Melakukan Spam.
Jika tidak Senang, Silahkan Tutup Blog ini dan Pergi Lakukan Hal yang Berguna.